Samstag, 28. Februar 2015

Bawang Merah goreng yang kriuk dan gurih!

Mau bawang merah goreng anda kriuk dan gurih rasanya?
ini dia resep bikin bawang goreng yang ciamik!

Pertama kali beli dulu bawang merahnya sebelum memulai masak, jangan lupa minyak gorengnya.
Tak lupa dan tak kalah pentingnya adalah menyediakan garam, terserah pakai yodium atau tidak tapi kalau bisa yang tidak pakai zat pemutih agar nanti hasil bawang gorengnya tidak terkontaminasi zat-zat tambahan yang tidak perlu. Oh ya minyak goreng tak lupa untuk disiapkan, banyaknya cukup untuk berenang irisan bawang merah.

Sebelumnya pula perlu disediakan pisau yang tajam dan telenan, kemudian mangkok untuk merendam irisan bawang merah dalam air garam. Besarnya mangkok terserah kebutuhan, bisa besar atau kecil, terserah ente saja. 

Kulit bawang dikupas yang tidak perlu, alias yang sdh kering tak perlulah digoreng selain sudah tidak layak goreng juga mungkin rasanya tidak enak. Setelah itu mulailah mengiris tipis-tipis bawang merah. Peringatan untuk yang sensitif dengan uap bawang merah selagi diiris, dianjurkan memakai kacamata renang, daripada mbrebes mili rakaruan. Cara mengiris pun sesuai selera anda, tapi saya anjurkan agar lebih artsistik di iris secara horisontal, jadi siung bawang merah dibaringkan kemudian di hajar tipis-tipis. Hasilnya kurang lebih seperti lingkaran gelang-gelang.

Setelah acara pengirisan sesuai kebutuhan, irisan bawang merah yang artistik tadi dimasukkan ke dalam mangkok, yang didalamnya terlebih dahulu disiapkan air dengan garam. Seberapa banyak air yang dibutuhkan, kira-kira aja yang penting irisan bawang merah tadi bisa menyelam dan berenang-renang. Berapa banyak garam yang dilarutkan ke dalam air di dalam mangkok, juga kira-kira aja, yang penting rasanya jangan terlalu asin. Soal rasa memang setiap manusia lain-lain jadi terserah ente. Tujuan utama peremdaman irisan bawang pada air garam tersebut untuk mengurangi rasa pahit bawang goreng karena, mungkin menetralisir zat atau getah yang bikin mata menangis, selain juga untuk menambah sedap rasa bawang goreng.

Diamkanlah beberapa saat, satu jam mungkin terlalu lama, karena keburu lupa kalau tadi merendam irisan bawang merah. Tiriskan irisan bawang merah tadi dengan memakai saringan dan letakkan di atas kain kering yang bersih yang akan dengan senang menyedot air garam yang tersisa di antara tumpukan irisan bawang merah.
Kemudian panaskan minyak, pertama dengan suhu besar kemudian setelah suhu mendidih kecilkan, kalau pakai kompor yang bisa diatur panasnya, kalau masih memakai api kayu cukup dikira-kira jangan terlalu panas biar nanti gorengan tak cepat gosong. 
Cara mengecek minyak yang sudah panas sangat mudah sekali, cukup celupkan sothil kayu anda, kalau keluar gelembung-gelembung udara kecil dari kayu tadi berarti minyak telah siap menerima kunjungan irisan bawang goreng. Selama menggoreng haruslah sering di aduk-aduk agar tak matang sebelah. Biasanya ketika irisan bawang merah dimasukkan ke dalam minyak akan keluar gelembung udara, itu tandanya air yang terkandung dalam irisan bawang merah sedang mendidih dan menguap. Ketika gelembung udara tadi menghilang, hati-hati inilah waktu yang sangat menentukan! dalam waktu sekejab irisan bawang goreng akan menguning, perlu jam terbang tinggi kapan harus mengangkat gorengan bawang merah agar pas sesuai yang diharapkan. Kalau saya, sebelum bawang merah tadi betul-betul menguning keemasan, sudah disiapkan erok-erok dan sothil kemudian dengan sigap dan seksama bawang merah goreng tadi diangkat, jadi bawang merah itu akan benar-benar selesai dan matang ketika berada di luar minyak yang panas.
Tunggu beberapa saat sampai gorengan bawang merah dingin, coba rasakan bedanya!
irisan bawang merah goreng anda lebih kriuk dan gurih, terhindar dari rasa pahit yang menyiksa.

Selamat mencoba!






Keine Kommentare:

Kommentar veröffentlichen