Montag, 12. Oktober 2015

Nasi Tumpeng






Tanggal sembilan kemarin hari ulang tahun yang ketiga anakku satu-satunya, sampai hari ini 13.10. belum sempat dirayakan karena pas hari lahirnya itu dia masih demam, terjangkit virus!.
Selama 5 hari sejak hari minggu sampai jumat, panasnya naik turun, terutama kalau malam hari! Akhirnya tubuhnya setelah seminggu bisa menetralisir serangan virus tersebut tanpa perlu ke dokter. Sehari sebelum sembuh istriku menelpon dokter untuk konsultasi, dan diberi tahu obat homeopathie yang bisa membantu. Sekarang kondisinya membaik, namun masih ada beberapa batuk keluar dari mulutnya.
Sampai sekarang agar nggak kecewa, kami belum juga mengucapkan selamat ulang tahun. Acara mengundang teman-teman kecilnya yang dijadwalkan hari minggu kemarin dibatalkan, diundur seminggu.

Foto nasi tumpeng di atas kami buat ketika anindya merayakan sepasaran. Sepasaran adalah 5 hari, jumlah hari dalam perhitungan jawa dalam seminggu. Nama-nama hari tersebut adalah legi, pahing, pon, wage, dan kliwon. Setiap daerah di jawa memiliki tradisi jadwal pasar yang harinya memakai nama yang 5 tadi. Dalam satu wilayah akan terbagi 5 kali pasar yang berpindah menurut jadwal yang sudah disepakati tanpa ditulis ulang. Penamaan hari yang langsung berhubungan dengan pasar dalam hal ini perdagangan menandakan bahwa masyarakat jawa khususnya memiliki mental wirausaha.

Resep dan cara membuat nasi tumpeng di atas, aku dapatkan selain survey di google juga nasehat teman yang sering membuat tumpeng. Yang tak kalah pentingnya adalah eksperimen!. Beberapa kali mencoba pada awalnya selalu gagal, misalnya nasinya langsung melorot ketika cetakan kerucutnya di copot. Belakangan ketahuan kalau campuran beras ketannya terlampau sedikit. Atau ketika memasak terlalu sedikit air sehingga nasinya nglethis alias keras masih terasa berasnya. Sampai akhirnya terjadilah foto di atas. Nah.. kata orang bijak pengalaman adalah guru yang paling baik. Maka selamat mencoba dan mencoba suatu saat pasti akan bisa dan ahli, di bidang apapun!.

Keine Kommentare:

Kommentar veröffentlichen